Inilah Pentingnya Membeli Asuransi Perjalanan Jika Anda Sedang Travelling
Posted 12 Dec 2017

Apa pentingnya membeli asuransi perjalanan? Coba bayangkan ketika Anda sedang travelling, tiba-tiba ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi

Seperti keterlambatan pesawat hingga penundaan penerbangan, bagasi yang tertinggal sampai dengan kehilangan bagasi, dan hal yang lainnya. Tentu kejadian-kejadian demikian akan membuat perjalanan Anda menjadi tidak nyaman, bahkan dapat merusak mood Anda ketika sedang travelling. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pentingnya membeli asuransi perjalanan ketika Anda sedang travelling.

Asuransi Perjalanan

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya asuransi perjalanan ketika sedang melakukan travelling. Padahal, bukan tidak mungkin ada risiko yang dapat terjadi, yang menyebabkan kita mengalami kerugian secara finansial saat kita sedang dalam perjalanan.

Secara garis besar fungsinya tidak jauh berbeda dengan fungsi asuransi biasanya. Asuransi perjalanan adalah asuransi yang melindungi risiko-risiko yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang terjadi yang diluar keinginan kita pada saat kita sedang melakukan perjalanan. Memang belum begitu banyak dikenalkan di Indonesia, tetapi sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi perjalanan.

Biasanya kita hanya akan membeli asuransi yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan, atau terkadang malah kita menolaknya. Terkadang kita menolaknya karena kita tidak mengetahui tentang manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh asuransi sehingga kita tidak merasa ada manfaatnya untuk menambah biaya. Secara umum ada beberapa manfaat asuransi perjalanan yang dapat Anda gunakan.

 

Manfaat Asuransi Perjalanan

Ada 4 manfaat dari asuransi perjalanan yang akan kami bahas. Berikut ini penjelasannya.

#1 Manfaat Perlindungan Perjalanan

Perjalanan Anda dapat saja terganggu jika maskapai melakukan penundaan perjalanan atau pergantian jadwal penerbangan sehingga Anda harus menunda atau bahkan menunggu lebih dari 12 jam oleh karena keterlambatan penerbangan Anda. Asuransi dapat memberikan ganti rugi finansial atas hal demikian.

#2 Manfaat Medis dan Kecelakaan

Manfaat medis dan kecelakaan memiliki manfaat yang sangat luas, diantaranya:

  • Perlindungan diri dari risiko akibat kecelakaan, baik terluka karena kecelakaan, kehilangan anggota tubuh, kelumpuhan, sampai risiko kematian akibat kecelakaan.
  • Penggantian biaya pengobatan darurat yang terjadi selama Anda melakukan perjalanan, baik karena sakit penyakit maupun karena hal lainnya.
  • Evakuasi medis jika diperlukan untuk menangani pengobatan serius. Bahkan asuransi juga meng-cover biaya pemulanganan jenazah jika terjadi kematian.

#3 Manfaat Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi

Manfaat ini yang paling sering digunakan dan diklaim, karena manfaat ini mengganti kerugian akibat kehilangan bagasi, kerusakan bagasi, keterlambatan bagasi, kehilangan paspor, dan kehilangan barang berharga (seperti uang, handphone, dan lain sebagainya) selama Anda melakukan perjalanan. Hal-hal ini paling sering terjadi apabila kita melakukan perjalanan atau travelling ke luar negeri.

#4 Manfaat Perlindungan Rumah

Selama Anda bepergian dan meninggal rumah, maka isi rumah Anda dapat dilindungi oleh asuransi perjalanan, apabila terjadi musibah seperti kehilangan akibat kemalingan dan perampokan, atau kebakaran rumah.

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Dengan adanya asuransi perjalanan, setidaknya liburan Anda akan lebih aman dan nyaman dari beberapa risiko yang disebutkan diatas. Namun, sebelum membeli, ada baiknya Anda memastikan beberapa hal berikut ini:

#1 Manfaat dan Besarnya Perlindungan yang Diberikan oleh Asuransi Perjalanan

Sebagai nasabah, Anda harus mengetahui secara mendetail hal apa saja yang ditanggung oleh asuransi perjalanan Anda. Karena ada banyak paket asuransi yang biasanya ditawarkan. Anda juga dapat saja tidak mengambil semua manfaat asuransi apabila Anda sudah mempunyai asuransi pribadi sebelumnya.

Sebagai contoh, apabila Anda sudah memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang melindungi kerugian atas biaya pengobatan atas diri Anda selama perjalanan, maka Anda hanya memerlukan perlindungan perjalanan saja, sehingga Anda dapat menghemat biaya yang Anda keluarkan untuk premi asuransi. Tetapi jika Anda belum memiliki asuransi pribadi sebelumnya, tentu Anda harus memastikan adanya manfaat biaya darurat di dalam asuransi Anda.

#2 Waktu Perlindungan Asuransi Perjalanan yang Anda Ambil

Idealnya Anda harus memilih sesuai dengan lamanya waktu Anda melakukan perjalanan Anda, karena biasanya hanya akan menanggung risiko yang terjadi saat Anda sedang dalam perjalanan. Tetapi jika dalam setahun ke depan Anda dan keluarga sudah merencanakan untuk berlibur selama beberapa kali, akan lebih hemat jika Anda membeli asuransi untuk 1 tahun daripada Anda membeli untuk 1 kali perjalanan.

#3 Kondisi Kesehatan Tertanggung

Pahami bahwa setiap tertanggung punya riwayat sakit dan pada umumnya perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan yang telah ada sebelumnya. Sebaiknya Anda jujur. Walaupun sepertinya menguntungkan jika kita menyembunyikan kondisi kesehatan yang sudah dialami sebelumnya, tetapi saat terjadi klaim, bisa saja Anda ditolak.

Perusahaan asuransi biasanya akan meminta rincian riwayat kesehatan dan melakukan investigasi yang dapat mengakibatkan klaim ditolak, jika ketahuan Anda berbohong. Untuk menghindari hal ini maka sangat dianjurkan untuk mengungkapkan semua rincian kesehatan pada saat awal Anda ingin mengambil asuransi, sehingga kasus klaim Anda tidak akan ditolak.

Asuransi Perjalanan Membantu Meringankan Kerugian Finansial Akibat Risiko

Dengan memastikan hal tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir akan risiko kerugian finansial yang dapat terjadi, karena asuransi Anda akan membantu meringankan kerugian finansial yang dapat terjadi akibat risiko yang tidak diinginkan. Itulah pentingnya Anda memiliki asuransi perjalanan.

[sumber finansialku | foto harpersbazaarindonesia] 

Share